PELAWI, FURI DESIRA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA MULIA PRATAMA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143142018 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 7143142018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM 7143142018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
4. NIM 7143142018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM 7143142018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM 7143142018 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7143142018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 7143142018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
13. NIM 7143142018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
14. NIM 7143142018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA MULIA PRATAMA MEDAN
Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Auditory
Intellectually Repetition (AIR).
Penelitian ini dilaksanakan di SMA MULIA PRATAMA MEDAN Tahun
Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang
berjumlah 21 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
Auditory Intellectually Repetition (AIR). Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri
dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan
tes. Teknik analisa data penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif.
Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa
pada siklus I terdapat 5 siswa (23,81%) yang termasuk dalam kategori aktif dan
sangat aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 18 siswa (85,71%)
yang termasuk dalam kategori aktif dan sangat aktif telah memenuhi kriteria
penilaian ≥ 23 atau 71,87%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum
penerapan 1 siswa (4,76%) yang tuntas dengan rata-rata nilai 50,38 sedangkan
pada siklus I terdapat 10 siswa (47,62%) yang tuntas dengan rata-rata nilai
menjadi 71,71. Dan pada siklus II terdapat 20 siswa (95,24%) yang tuntas dengan
rata-rata nilai menjadi 86,38 atau mengalami peningkatan sebesar 47,62% dari
siklus I telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 75. Terdapat
peningkatan hasil belajar yang positif dan signifikan antara hasil belajar siklus I
dengan siklus II dimana thitung ttabel yaitu 5,32 > 1,725. Berdasarkan analisis di
atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectually
Repetition (AIR) dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi
Siswa pada Standar Kompetensi Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan
Dagang di Kelas XII IPS Akuntansi SMA MULIA PRATAMA MEDAN Tahun
Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 127 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 11:28 |
Last Modified: | 12 Nov 2018 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31202 |