PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KELAS XI SE-KABUPATEN NIAS UTARA

Ziliwu, Dalifati (2011) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KELAS XI SE-KABUPATEN NIAS UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500809745004 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500809745004 Abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 1500809745004 Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500809745004 Pengantar.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of 1500809745004 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500809745004 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of 1500809745004 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500809745004 Bab I.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of 1500809745004 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500809745004 Bab V.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 1500809745004 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500809745004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menghambat prosespembelajaran biologi dan tingkat keprofesionalisme guru dalam pembelajaranbiologi di Kelas XI SMA Negeri Se -Kabupaten Nias Utara.Penelitian ini bersifat deskriptif populasi dalam penelitian ini adalah semuaguru biologi dan semua siswa kelas XI SMA Negeri se-kabupaten Nias Utara.Teknik penarikan sampel, untuk guru digunakan teknik total sampling danuntuk siswa menggunakan teknik random sampling. Sampel guru untuk datawawancara, sedangkan siswa sebagai sampel pada angket diambil 43% setiapsekolah di 7 SMA Negeri se- Kabupaten Nias Utara. Teknik pengumpulandata adalah dokumentasi, anglcet dan wawancara. Data dianalisis denganteknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini digambarkan bahwa faktorpenghambat proses pembelajaran biologi sebagai berikut: 1) Guru masih rendahdalam menerapkan metode mengajar yang bervariasi; 2) Guru masih rendahdalam menggunakan media pembelajaran biologi; 3) Rendahnya kompetisi siswadalam belajar biologi; 4) Siswa tidak memiliki buku pegangan biologi; 5)Rendahnya kemauan siswa belajar biologi dalam kelompok; 6) Kesediaan bukupaket di perpustakaan sekolah sangat terbatas; 7) Sekolah tidak memilikiperpustakaan; 8) Sekolah tidak memiliki laboratorium; 9) Tidak tersedia mediapembelajaran biologi; 10) Pelaksanaan evaluasi kegiatan belajar mengajar biologibelum terlaksana dengan baik; 11) Pelaksanaan supervisi pembelajaran biologibelum terlaksana dengan balk; 12) Kuranya ketegasan sekolah mewajibkanpersiapan Rencana pembelajaran biologi sebelum melaksanakan pembelajaran dikelas; 13) Lambatnya sekolah menyesuaikan bila ada perubahan kurikulum ;14)Kurangnya pembekalan kepada guru biologi.Tingkat keprofesionalisme gurudalam pembelajaran biologi dapat disimpulkan dalam dua kategori: berkategorirendah yakni keprofesionalisme guru dalam menerapkan metode dan strategimengajar dan keprofesionalisme guru dalam melaksanakan evaluasi. dan kategorisedang ada tiga yakni 1) Keprofesionalisme guru dalam menguasai bahan ajar, 2)Keprofesionalisme guru memahami karalcteristik siswa, dan 3) Keprofesionalanguru dalam pengelolaan kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.7 Zil p
Keywords: Pembelajaran Sekolah; Biologi; Guru; Problematika
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 02 Jun 2016 01:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3119

Actions (login required)

View Item
View Item