BR. SINURAT, RESLI AUDINA (2018) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII-C SMP SANTO XAVERIUS 2 KABANJAHE T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143151034_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1143151034_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM. 1143151034_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM. 1143151034_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 1143151034_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
6. NIM. 1143151034_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1143151034_BAB I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
12. NIM. 1143151034_BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
13. NIM. 1143151034_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh
bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kemandirian siswa dalam
mengerjakan tugas sekolah pada kelas VIII-C di SMP Santo Xaverius 2
Kabanjahe T.A 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kemandirian siswa dalam
mengerjakan tugas sekolah di SMP Santo Xaverius 2 Kabanjahe T.A 2018/2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain one group pre-test dan
post – test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang terdiri dari
8 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui
tingkat kemadiriannya, Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan
bimbingan kelompok teknik diskusi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan Uji Wilcoxon.
Hasil analisa data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung =
15 dengan α = 0,05 dan n = 8, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 4. Dengan
demikian Jhitung > Jtabel (15 > 4). Data Pre-test diperoleh rata – rata 55.625
(kurang mandiri) sedangkan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok
dengan teknik diskusi. Data Post-test diperoleh rata-rata 71.875 (Kemandirian
kategori sedang). Artinya rata-rata siswa setelah mendapat layanan Bimbingan
Kelompok teknik diskusi lebih mandiri daripada sebelum mendapat layanan
bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Perubahan peningkatan interval
kemandirian siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik
diskusi sebesar 16.75 atau 29.21 %. Hal ini menunjukan ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap kemandirian siswa kelas
VIII-C SMP Santo Xaverius 2 Kabanjahe T.A 2018/2019 atau hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 078 |
Keywords: | KEMANDIRIAN, BIMBINGAN KELOMPOK, TEKNIK DISKUSI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 10:53 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31185 |