FISKA, DINDYA ADJENG (2018) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI SMA/SMK KOTA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143111019 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2 NIM 2143111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
3. NIM 2143111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 2143111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
5. NIM 2143111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 2143111019 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 2143111019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 2143111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
12. NIM 2143111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM 2143111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri yang dilakukan oleh guru di SMA/SMK kota Medan. Model pembelajaran inkuiri menekankan kepada keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran inkuiri terdiri dari 6 (enam) tahapan, yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan data penelitian dengan apa adanya. Penelitian ini difokuskan pada tahapan-tahapan yang dilakukan guru sesuai dengan tahapan model pembelajaran inkuiri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, catat lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan proses tahapan model pembelajaran yang dilakukan guru. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Guru di SMA YPI Amir hamzah melaksanakan 22 langkah dari 23 langkah di dalam enam tahap model pembelajaran inkuiri dengan presentase mencapai 95%. Sedangkan guru di SMA Swasta Rahmat Islamiyah melaksanakan 18 langkah dari 23 langkah dalam enam tahapan model pembelajaran inkuiri dengan presentase 78%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 137 |
Keywords: | Analisis, Model Pembelajaran Inkuiri, Guru, Teks Biografi |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 10:44 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31181 |