PUTRIANY (2018) IMPLEMENTASI BAHAN AJAR KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 ACEH TENGGARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141131037 COVER.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
2. NIM. 4141131037 APPORAL SHEET.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
3. NIM. 4141131037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4. NIM. 4141131037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
5. NIM. 4141131037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 4141131037 TABLE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
7. NIM. 4141131037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 4141131037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
13. NIM. 4141131037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
14. NIM. 4141131037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan bahan kimia terintegrasi nilai-nilai Islami dan yang diajarkan menggunakan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan hidrokarbon; 2) Apakah terdapat perbedaan sikap Islami siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai Islami; 3) Apakah ada hubungan antara sikap Islami dengan peningkatan hasil belajar siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar sebanyak 20 butir soal yang valid dan reliabel (0,622), serta instrumen angket penilaian sikap Islami. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test, Paired Sample T-test dan Correlation pada program SPSS 21.0 for windows dengan nilai α 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu : 1)Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai Islami dan yang diajarkan menggunakan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa pada pokok bahasan hidrokarbon, 2)Terdapat perbedaan sikap Islami siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai Islami, (3)Terdapat hubungan antara sikap Islami dengan hasil belajar siswa sebesar 0,364 dengan kategori korelasi cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 157 |
Keywords: | Nilai Islami, Bahan Ajar Kimia, Hasil Belajar Kimia, Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 10:40 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31177 |