SAMOSIR, LAURA CHINTYA (2018) PENGARUH TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7143341038 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2 NIM. 7143341038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
3 NIM. 7143341038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4 NIM. 7143341038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5 NIM. 7143341038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6 NIM. 7143341038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7 NIM. 7143341038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9 NIM. 7143341038 BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13 NIM. 7143341038 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14 NIM. 7143341038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi pendidikan
dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta
Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan desain expost facto.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Parulian 2 Medan. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Swasta Parulian 2 Medan
Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 110 orang. Sampel dalam penelitian sebanyak
55 orang dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, angket dan studi dokumentasi.
Untuk mengetahui pengaruh teknologi pendidikan dan gaya belajar
terhadap prestasi belajar ekonomi digunakan rumus regresi linear berganda dan
persamaan regresi yang diperoleh Y=37,912+0,185X1+0,416X2+e. Teknik
analisis data yang digunakan adalah dengan uji t dan uji f pada taraf signifikan
95% atau alpha 5%. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa:
(1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara teknologi pendidikan dengan
prestasi belajar dengan nilai thitung > nilai ttabel yaitu 2,184 > 2,006 dan nilai
signifikansi α = 0,033 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
gaya belajar dengan prestasi belajar dengan nilai thitung > nilai ttabel yaitu 3,509 >
2,006 dan nilai signifikansi α = 0,001< 0,05. (3) Ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara teknologi pendidikan dan gaya belajar terhadap prestasi belajar
ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Parulian 2 Medan dengan nilai Fhitung > Ftabel
(15,913 > 3,18) dan nilai sig α = 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R2)
diperoleh sebesar 0,380 atau 38% perubahan prestasi belajar siswa dipengaruhi
oleh teknologi pendidikan dan gaya belajar.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka hipotesis diterima
dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
teknologi pendidikan dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 101 |
Keywords: | Teknologi Pendidikan;Gaya Belajar;Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 10:37 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31173 |