TAMBUNAN, YENNI ANGGRAINI (2018) PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA TANJUNGBALAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7142141052 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2 NIM. 7142141052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3 NIM. 7142141052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4 NIM. 7142141052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5 NIM. 7142141052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6 NIM. 7142141052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7 NIM. 7142141052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9 NIM. 7142141052 BAB I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13 NIM. 7142141052 BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14 NIM. 7142141052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa
Kelas X SMA Swasta Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2017/2018”.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Tanjungbalai. Populasi dalam penelitian ini
adalah kelas X SMA Swasta Tanjungbalai dengan Jumlah 337 siswa. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling (acak) dengan jumlah
sampel 85 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 20 butir soal
pemanfaatan fasilitas belajar, dan 20 butir soal mengenai minat belajar, kuesioner dinyatakan
reliable. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, perhitungan determinasi , dan
untuk menguji hipotesis digunakan uji t ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial,
sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda pada
penelitian ini yaitu Y = -8, 636 + 0,598 + 0, 515 . Selain itu determinasi nilai Ajusted R
Square sebesar 0, 946 atau 94, 6 % Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai
berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar
terhadap prestasi belajar siswa. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat
belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. 3) Secara Uji F (Simultan) terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar dan minat belajar siswa terhadap
prestasi belajar ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 103 |
Keywords: | Pemanfaatan Fasilitas Belajar ; Minat Belajar ; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 10:31 |
Last Modified: | 21 Nov 2018 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31166 |