NOVITASARI, DEBY (2018) ANALISIS PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENGELOLAAN SUBSTANSI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPA/TPQ) DARUSSALAM PERUMAHAN TAMAN WISMA ASRI KELURAHAN TELUK PUCUNG KECAMATAN BEKASI UTARA KOTA BEKASI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1142171017_COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM 1142171017_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM 1142171017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM 1142171017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5. NIM 1142171017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
6. NIM 1142171017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM 1142171017_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. NIM 1142171017_BAB I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
13. NIM 1142171017_BAB V.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
14. NIM 1142171017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan fungsi
manajemen dalam mengelola bidang manajemen kurikulum dan pembelajaran di
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) Darussalam Perumahan Taman Wisma
Asri Kelurahan Teluk Pucung Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif.
Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah TPA dan 3 orang guru yang
mengajar. Tekmik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan
melalui beberapa tahap yaitu: pengumpulan data (data collection), reduksi data
(data reduction), display data (penyajian data), serta verfiikasi dan penarikan
kesimpulan (conclution drawing and verification). Pemeriksaan keabsahan data
yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan tentang pelaksanaan fungsi manajemen
dalam mengelola bidang manajemen kurikulum dan pembelajaran di TPA/TPQ
Darussalam mulai dari: (1) fungsi perencanaan, meliputi perencanaan kurikulum
yang akan dilaksanakan, perencanaan kalender sekolah, perencanaan
kegiatan/program penunjang pembelajaran, dan tujuan kegiatan pembelajaran; (2)
fungsi pengorganisasian yaitu dengan melakukan penjabaran terhadap kurikulum
yang digunakan; (3) fungsi pelaksanaan meliputi pelaksanaan kegiatan belajar
mengajar dan kendala dalam kegiatan pelaksanaan (4) fungsi pengawasan,
meliputi kegiatan evaluasi terhadap kurikulum yang telah digunakan dan kendala
yang dihadapi dalam kegiatan manajemen kurikulum dan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PLS 045 |
Keywords: | Fungsi Manajemen Dalam Substansi Kurikulum Dan Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 10:30 |
Last Modified: | 21 Nov 2018 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31165 |