Lubis, Sahraini (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE EXCEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA SINAR HUSNI MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142033 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 7141142033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
3. NIM. 7141142033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4. NIM. 7141142033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 7141142033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 7141142033 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7141142033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7141142033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
13. NIM. 7141142033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
14. NIM. 7141142033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Sinar Husni Medan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar
akuntansi siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
dengan Menggunakan Software Excel.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Sinar Husni Medan yang
beralamat di Jalan Veteran pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2018/2019
dengan subjek siswa kelas XI Ak yang berjumlah 39 orang siswa. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana
dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksaan, observasi
dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil
belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar
akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kunatitatif dan
data kualitatif.
Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa
pada siklus I yaitu 2 orang siswa (5,13%) tergolong tidak aktif, 7 orang siswa
(17,95%) tergolong kurang aktif, 11 orang siswa (28,21%) tergolong cukup aktif,
17 orang siswa (43,59%) tergolong aktif, 2 orang siswa (5,13%) tergolong sangat
aktif, dan keaktifan klasikalnya yaitu 19 orang siswa (48,72%). Sedangkan pada
siklus II yaitu 0 orang siswa (0,0%) tergolong tidak aktif, 2 orang siswa (5,13%)
tergolong kurang aktif, 5 orang siswa (12,82%) tergolong cukup aktif, 27 orang
siswa (69,23%) tergolong aktif, 5 orang siswa (12,82%) tergolong sangat aktif,
dan keaktifan klasikalnya yaitu 32 orang siswa (82,05%). Ini menunjukkan bahwa
adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Sedangkan tes
hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 21 siswa (53,85%)
dengan nilai rata-rata 73,72. Sedangkan pada siklus II terdapat 34 siswa (87,18%)
dengan nilai rata-rata 84,23. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan
hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Karena aktivitas dan hasil belajar
akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka
penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya.
Kesimpulan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
dengan menggunakan Software Excel. Kelas XI SMK Swasta Sinar Husni Medan
Tahun Pembelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 126 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan Software Excel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 09:49 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31150 |