HARAHAP, YESIKA THERESIA (2018) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ARSE TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7142141053 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2 NIM. 7142141053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
3 NIM. 7142141053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4 NIM. 7142141053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
5 NIM. 7142141053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6 NIM. 7142141053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7 NIM. 7142141053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
9 NIM. 7142141053 BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13 NIM. 7142141053 BAB V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
14 NIM. 7142141053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah status sosial ekonomi dan
motivasi belajar yang rendah menyebabkan prestasi belajar siswa rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang
tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA
Negeri 1 Arse Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Arse yang berlokasi di Jl.
Simangambat Kec. Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 112 orang
siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang siswa.Instrumen
pengumpulan data ialah angket/kuisoner dengan skala likert yang masing-masing
telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda pengaruh Status Sosial Ekonomi
Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X
SMA Negeri 1 Arse Tahun Pelajaran 2017/2018, diperoleh persamaan Y =2,440 +
0,506 X1 + 0,499 X2.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan dengan uji t sedangkan untuk
pengujian bersama-sama dilakukan uji F.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian dapat
disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Status
Sosial Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi dengan nilai thitung =
4,407 > ttabel = 2,004. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi
Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai thitung = 4,962 > ttabel 2,004.
(3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Status Sosial Ekonomi Orang
Tua dan Motivasi Belajar siswa secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar
Siswa dibuktikan melalui hasil uji hipotesis secara simultan dengan nilai Fhitung =
97,108 > Ftabel 3,17.
Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan dari penelitian ini adalah
terdapat Pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan
motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Arse
Tahun Pelajaran 2017/2018 dan hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 098 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Beajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB846 Welfare theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 09:19 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31136 |