SIJABAT, DAVID DWI JAYA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULAATOR TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA SISWA KELAS XI TIPTL SMK SWASTA TR SINAR HUSNI T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. (5131131003) COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. (5131131003) APPROVAI SHEET.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. (5131131003) ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4. (5131131003) PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. (5131131003) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. (5131131003) TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. (5131131003) ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. (5131131003) CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. (5131131003) CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. (5131131003) BLIBLOGRAPY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
kelas XI TIPTL pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik dengan menggunakan
pembelajaran dengan bantuan media Software Electrical Control Techniques
Simulator dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran dengan
bantuan media power point pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik SMK
Swasta TR Sinar Husni.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu penelitian
yang berusaha mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara dua kelas
yang diberikan dengan perlakuan yang berbeda. Rancangan penelitian eksperimen
dengan desain Posttest Only Control Design, hasil belajar Instalasi Motor Listrik
diketahui dengan memberikan tes pada kedua kelas eksperimen sesudah diberikan
perlakuan untuk mendapatkan nilai hasil akhir. Setelah data data didapat maka
data tersebut dicari realibilitas, normalitas, homogenitas dan uji t.
Hasil belajar Instalasi MotorListrikdengan menggunakan pembelajaran
dengan bantuan media Software Electrical Control Techniques Simulator
diperoleh data perhitungan sebagai berikut : nilai terendah 71,5; nilai tertinggi 89;
nilai rata-rata 82,67; simpangan baku 4,547 dan varians 20,68 . Setelah dilakukan
perhitungan k= 1+ 3.3 log 35 didapat banyak kelas 6, panjang kelas 3 dan hasil
belajar Instalasi Motor Listrik menggunakan model pembelajaran dengan bantuan
media power point maka diperoleh perhitungan data sebagai berikut : nilai
terendah 60,5; nilai tertinggi 82,5; nilai rata-rata 72,56; simpangan baku 5,484 dan
varians 30,07. Setelah dilakukan perhitungan k= 1+3.3 log 35 didapat banyak
kelas 6, panjang kelas 4. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh harga
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 050 |
Keywords: | HASIL BELAJAR;MEDIA SOFTWARE ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR;MEDIA POWER POINT;INSTALASI MOTOR LISTRIK |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 11:08 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31126 |