SIAHAAN, DESI NURHAYATI (2018) PENGARUH MEDIA VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA SISWA KELAS VIII SMP YP.PARULIAN 2 PERUMNAS MANDALA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113143006 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 5113143006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
3. NIM 5113143006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. NIM 5113143006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 5113143006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM 5113143006 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 5113143006 ILLUSTRASION.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM 5113143006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
12. NIM 5113143006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM 5113143006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1)Untuk Mengetahui hasil belajar pembuatan korsase
bros dari limbah perca siswa kelas VIII SMP YP.Parulian 2 Medan yang
menggunakan media pembelajaran video tutorial 2) Untuk Mengetahui hasil
belajar pembuatan korsase bros dari limbah perca siswa kelas VIII SMP
YP.Parulian 2 Medan tanpa menggunakan media pembelajaran video tutorial
3)untuk Mengetahui sejauh mana pengaruh media pembelajaran video tutorial
terhadap hasil belajar pembuatan korsase bros dari limbah perca siswa kelas VIII
SMP YP.Parulian 2 Medan.
Populasi dalam penilitian ini adalah siswa kelas VIII SMP YP.Parulian 2
Medan, Tahun ajaran 2017/2018 sebanyak empat kelas dengan jumlah siswa 131
siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling yaitu teknik
penentuan dengan pertimbangan hasil belajar untuk menentukan kelas eksperimen
dan kelas kontrol pada kelas VIII-2sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol
pada kelas VIII-4, Dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi
Experiment).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecendrungan hasil belajar
prakarya pada siswa kelas VIII SMP YP.Parulian 2 Medan untuk kelas
eksperimen sangat baik yaitu 87,50%. Dan tingkat kecendrungan hasil belajar
prakarya kelas kontrol baik yaitu 75.00%. Untuk uji normalitas data menggunakan
rumus liliefors diperoleh . Dari tabel diperoleh
dengan n = 32 dan . Karena maka dapat disimpulkan bahwa
data hasil pembuatan korsase bros dari limbah perca siswa kelas eksperimen
berdistribusi normal dan kelas kontrol . Dari tabel diperoleh
dengan n = 32 dan . Karena maka dapat disimpulkan
bahwa data hasil pembuatan korsase bros dari limbah perca siswa kelas kontrol
berdistribusi normal.Dari hasil perhitungan uji homogenitas data pretes diperoleh
, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak
terdapat perbedaan variansi data siswa antara kelas eksperimen dengan kelas
kontrol atau variansi data kedua kelompok adalah sama (homogen). Oleh karena
itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media video tutorial terhadap
hasil belajar digunakan di SMP YP.Parulian 2 Medan terutama dalam mata
pelajaran prakarya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKK 007 |
Keywords: | pengaruh, Media Video Tutorial, Mata pelajaran Prakarya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 11:07 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31125 |