Anas, Nirwana (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KECERDASAN NATURALIS TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH IPA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1500081188810013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
1500081188810013 Pengantar.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
1500081188810013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
1500081188810013 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1500081188810013 Bab V.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
1500081188810013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan (1) kemampuan memecahkanmasalah antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual dengantradisional; (2) kemampuan memecahkan masalah antara siswa dengan kecerdasannaturalis tinggi dengan kecerdasan naturalis rendah; (3) interaksi antara strategipembelajaran dengan kecerdasan naturalis:Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri KotaMedan yang berjumlah 12 Madrasah. Sampel penelitian ini ditetapkan siswa kolas VMIN Medan Petisah dilaksanakan strategi Kontekstual dan siswa kelas V MIN MedanSunggal dilaksanakan strategi pernbelajaran Tradisional, Teknik penarilcan sampeldilalculcan cluster random sampling. Instrumen untuk mengukur kemampuanmemecahkan masalah IPA siswa digunakan tes berbentuk essai dengan junilah soarsebanya 5 butir. Kecerdasan naturalis siswa dilakukan melalul tes. Metode penelitianmenggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknikanalisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan: (1) penggunaan strategi pembelajarankontekstual berpengarutt secara signifikanterhadap kemampuan memecahkan masalahIPA siswa, kemampuan memecahkan masalah IPA siswa yang dibelajarkan denganmenggunakan strategi pembelajaran Kontekstual (7= 17,11) lebih tinggi darikemampuan memecahkan masalah IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakanstrategi pembelajaran tradisional (i= 13,58) dengan Fhitung = 7,134 > F = 7,12; (2)erhadap kemampuan memecahkan masalah siswa tingkat kecerdasan naturalis tidakberpengaruh signifikan terhadap, kemampuan memecahkan masalah IPA siswa,kemampuan memecahkan masalah IPA siswa yang methiliki kecerdasan naturalis tinggi(7= 16,03) lebih tinggi dari kemampuan memecahkan masalah siswa yang inemilikikecerdasan naturalis rendah (X = 14,73) dengan Fhfunig =1,018 < Fir = 7,12.Namur, tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasannaturalis dalam mempengaruhi kemampuan memecahkan masalah IPA siswa. Strategipembelajaran dan kecerdasan naturalis secara bersama-sama tidak memberi pengaruhterhadap kemampuan memecahkan masalah IPA siswa. Dalam hal ini kemampuanmemecahkan masalah IPA siswa hanya dipengarubi oleh strategi pembelajaran. Strategipembelajaran kontekstual memberi pengalaman kepada siswa sehingga siswa merasatidak ada batasan antara materi yang diperolehnya di sekolah dan kehidupan nyata sehari hari siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.077 Ana p |
Keywords: | Pembelajaran Kontekstual; Kecerdasan Naturalis; Kemampuan Memecahkan Masalah IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 May 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3112 |