HASAN, HADI AHMADI (2018) HUBUNGAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU (PPLT) DAN MOTIVASI MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133121017 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 5133121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
3. NIM 5133121017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 5133121017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. NIM 5133121017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM 5133121017 TABLE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM 5133121017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
9. NIM 5133121017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
13. NIM 5133121017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM 5133121017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
Abstract
Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin sebagai calon guru dituntut harus
memiliki kompetensi-kompetensi sebagai tenaga pendidik, dimana calon guru
haruslah memiliki kesiapan mengajar yang baik. Diantara faktor yang
mempengaruhi kesiapan menjadi guru adalah motivasi menjadi guru dan Praktik
Pengalaman Lapangan Terpadu. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui signifikansi: (1) hubungan praktik pengalaman lapangan terpadu
dengan motivasi menjadi guru, (2) hubungan motivasi menjadi guru dengan
kesiapan menjadi guru, (3 hubungan praktik pengalaman lapangan terpadu dengan
kesiapan menjadi guru. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan
teknik mesin dengan pelaksanaan PPLT pada tahun 2017 yang berjumlah 52
orang dengan sampel sebanyak populasi karena merupakan penelitian populasi.
Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu instrumen diujicobakan kepada
responden yang bukan sampel penelitian, yakni mahasiswa prodi pendidikan
teknik mesin dengan pelaksanaan PPLT pada tahun 2016 yang berjumlah 30
orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain korelasional dengan
taraf signifikansi 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat
hubungan positif Praktik Pengalaman Lapangan Terpadu dengan Kesiapan
Menjadi Guru, (2) hubungan positif Motivasi Menjadi guru dengan Kesiapan
Menjadi Guru dan (3) hubungan positif Motivasi menjadi guru dengan Praktik
Pengalaman Lapangan Terpadu yang dinyatakan signifikan (4) terdapat
sumbangan pengaruh yang lebih besar Praktik Pengalaman Lapangan Terpadu
terhadap Kesiapan Menjadi guru dari pada sumbangan Pengaruh motivasi menjadi
guru terhadap kesiapan menjadi guru. Dengan demikian universitas perlu
meningkatkan dan pengoptimalan program praktik pengalaman lapangan terpadu
mahasiswa untuk
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 058 |
Keywords: | Motivasi Menjadi Guru; PPLT; Praktik Pengalaman Lapangan; Kesiapan Menjadi Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 11:01 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31117 |