BUTAR - BUTAR, FRANSISCO (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TAMAN SISWA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141030 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 7133141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
3. NIM. 7133141030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM. 7133141030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 7133141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM. 7133141030 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 7133141030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7133141030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
13. NIM. 7133141030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 7133141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa di
SMK Taman Siswa Medan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar
kewirausahaan Siswa Kelas XI AP SMK Taman Siswa Medan Tahun Ajaran
2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa Medan yang beralamat di
Jalan Sabaruddin No. 08 Medan dengan mengambil sampel sebanyak 80 siswa,
pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan, dan instrumen yang digunakan
untuk mengukur penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar berupa
angket atau kuesioner. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi
product moment dengan hasil dari 15 instrumen penggunaan media pembelajaran
terdapat 15 soal yang valid . Instrumen motivasi belajar dari 15 instrumen terdapat
15 soal yang valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha
cronbach dengan hasil untuk reliabilitas penggunaan media pembelajaran dimana
rhitung > rtabel yaitu sebesar 0.724 >0.312 dan untuk reliabilitas motivasi belajar
dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0.767 >0.312.
Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan
alpha 5 %. Hasil yang diperoleh menunjukkan penggunaan media pembelajaran
berpengaruh secara positif dan signifikan dimana thitung> ttabel yaitu sebesar 5,876
>1,665. Dan motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan dimana
thitung> ttabel yaitu sebesar 5,991 >1,665. Hasil yang diperoleh pada uji F
menunjukkan bahwa variabel penggunaan media pembelajaran dan motivasi
belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI
AP SMK Taman Siswa Medan. Dengan nilai Fhitung sebesar 62,367. Dimana Fhitung
> Ftabel yaitu 62,367 >3,12. Persentase sumbangan pengaruh penggunaan media
pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa
sebesar 61,8 %.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan
signifikan secara simultan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi
belajaran terhadap prestasi belajar siswa di SMK Taman Siswa Medan T.P
2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 041 |
Keywords: | penggunaan media pembelajaraan, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 10:59 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31115 |