SITOMPUL, AMI YUNITA (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD NEGERI 028229 KECAMATAN BINJAI BARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111004_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1141111004_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM. 1141111004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. NIM. 1141111004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
5 NIM. 1141111004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 1141111004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1141111004_BAB I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
12. NIM. 1141111004_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM. 1141111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipemahaman guru kelas terhadap
pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif sebab,
peneliti ini mendeskripsikan suatu fenomena sesuai dengan keadaan yang
sebenarnya yang di alami oleh subjek penelitian dan menyajikan data tersebut
dalam bentuk kata kata-kata dan bahasa. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru
di SDN 028229 Binjai Barat, yang berjumlah 10 orang guru.Instrument
pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari wawancara mendalam, observasi
non partisipan dan studi dokumentasi..
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru-guru di SDN 028229 Binjai
Barat bila dilihat dari pemahaman mengenai pendekatan scientific menunjukan
bahwa guru yang menjadi responden memiliki pemahaman yang baik mengenai
pendekatan scientific, hanya saja pelaksanaannya masih belum maksimal. Dalam
penyusunan RPP belum sepenuhnya memuat komponen yang sesuai dengan
pembelajaran tematik terpadu selain itu, guru juga masih belum terampil dalam
membuat dan menggunakan media dalam proses pembelajaran. Dalam
pelaksanaan pembelajaran guru sudah melaksanakan pembelajaran yang sesuai
dengan pembelajaran tematik terpadu. Namun, pada pelaksaan pembelajaran
dengan pendekatan scientific masih terdapat guru yang tidak sepenuhnya
melakukan kegiatan 5 M. selain itu, guru belum menggunakan media dalam
mendukung kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 459 |
Keywords: | Pendekatan Scientific, Pembelajaran Tematik Terpadu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 10:57 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 09:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31113 |