MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PASA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS IV SD NEGERI 014660 PERK. PADANG PULAU

Panjaitan, Ade Zulpiana (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PASA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS IV SD NEGERI 014660 PERK. PADANG PULAU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1141111002_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141111002_COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141111002_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141111002_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141111002_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141111002_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141111002_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141111002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141111002_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141111002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141111002_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141111002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141111002_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141111002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1141111002_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1141111002_BAB I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1141111002_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1141111002_BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1141111002_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1141111002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV
SD Negeri 014660 Perk. Padang pulau pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran Team –Assisted Individualization (TAI) pada materi
rambatan bunyi melalui benda padat, cair dan gas (udara) di kelas IV SD Negeri
014660 Perk. Padang Pulau.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD Negeri 014660 Perk. Padang Pulau Tahun Ajaran
2017/2018 dengan jumlah 30 orang siswa dengan jumlah laki – laki 22 orang
siswa dan perempuan 8 orang siswi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan
April sampai bulan Juni 2018. Prosedur penelitian ini terdidri dari 2 siklus yaitu
siklus I dan siklus II dengan empat tahapan yang di lalui yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi dan angket.
Hasil penelitian diperoleh nilai kondisi awal motivasi dari 30 orang siswa
hanya terdapat sekitar 11 orang siswa (36,67%) yang memiliki motivasi belajar
tinggi dan 19 orang siswa (63,33%) yang memiliki motivasi belajar yang rendah.
Pada siklus II nilai motivasi dari 30 orang siswa terdapat 26 orang siswa (86,67%)
yang memiliki motivasi belajar yang tinggi dan 4 orang siswa (13,33%) yang
motivasi belajar masih rendah. Pada hasil pengamatan observasi kegiatan
mengajar guru pada siklus I hasilnya 73,75% dan pengamatan observasi kegiatan
mengajar guru pada siklus II sudah dalam kategori berhasil dengan hasil 86,25%.
Berdasarkan pengamatan observasi siswa yang dilakukan guru pada siklus I
dengan menggunakan model Team-Assisted Individualization (TAI) hasilnya
53,33% dan pengamatan observasi siswa pada siklus II dengan menggunakan
model Team-Assisted Individualization (TAI) hasilnya 86,67%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Team-
Assited Individualization (TAI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPA materi rambatan bunyi melalui benda padat, cair dan gas
(udara) di kelas IV SD Negeri 014660 Perk. Padang Pulau T.A 2017/2018,
sehingga pembelajaran dengan menggunakan model model Team-Assited
Individualization (TAI) dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk
meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 462
Keywords: Team-Assisted Individualization
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 24 Oct 2018 10:47
Last Modified: 25 Oct 2018 09:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31107

Actions (login required)

View Item
View Item