MAHARANI, LATIFAH (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI VIRUS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141035 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4141141035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM. 4141141035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 4141141035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 4141141035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 4141141035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4141141035 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4141141035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13. NIM. 4141141035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
14. NIM. 4141141035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Pada abad 21 ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat.
Siswa dituntut dapat mengusai berbagai keterampilan dan memiliki literasi sains yang
tinggi agar dapat bersaing secara global. Dalam proses kegiatan belajar mengajar,
pendekatan pembelajaran dan bahan ajar harus sesuai agar tujuan pembelajaran
tercapai. Maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKPD dengan Pendekatan
Science, Technology, Engeneering and Mathematics (STEM) yang layak dan efektif
digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas X IPA SMA semester I.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan
model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase penilaian
oleh ahli materi sebesar 89,5%, ahli pendidikan sebesar 92,5%, guru biologi sebesar
96,35%, dan persentase tanggapan siswa pada uji coba lapangan sebesar 90,375%
dengan kategori “Baik. Berdasarkan hasil uji efektivitas, uji Paired T Test diperoleh
thitung > ttabel = 5,372 > 0,681, maka dinyatakan H0 ditolak (secara signifikan skor
postest lebih tinggi dari skor pretest). Pada Uji Independent T Test diperoleh 0,001 <
0,05 maka H0 ditolak (terdapat perbedaan rata-rata nilai yang siginfikan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol). Produk akhir LKPD berdasarkan tingkat kelayakan
dapat dikategorikan “Sangat Layak” sebagai bahan pendukung pembelajaran biologi
dan efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa khususnya pada materi
virus. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sains dan
ilmu pengetahuan serta memberikan sumbangan pemikiran dan sebagai referensi
dalam meningkatkan kreativitas dalam melakukan inovasi pembuatan bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 207 |
Keywords: | Pengembangan, Lkpd, Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics), Literasi Sains, Virus |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 10:29 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 10:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31099 |