Aritonang, Nurcahaya (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141111033 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4141111033 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM 4141111033 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5. NIM 4141111033 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. NIM 4141111033 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM 4141111033 ILUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 4141111033 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM 4141111033 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
13. NIM 4141111033 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM 4141111033 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, yang bertujuan untuk mengetahui
bagaimana perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together pada materi SPLDV. Penelitian ini dilaksanakan di SMP
Negeri 37 Medan, dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling acak sederhana.
Sampel peneltian adalah kelas VIII-B sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen A
dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan kelas VIII-C sebanyak
35 siswa sebagai kelas eksperimen B dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
uraian yang berjumlah 5 soal yang telah divalidkan oleh validator. Analisis data
menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prayarat normalitas dan
homogen. Pada pengujian data pretest kedua kelas, diperoleh bahwa data kedua kelas
berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dari nilai hasil belajar kedua kelas
diperoleh nilai thitung = 4,74, ttabel = 1,668 dan dk = 68 sesuai dengan kriteria pengujian
terima H0 jika thitung < t1. Dari perhitungan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 4,74 > 1,668.
Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar matematika siswa
yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together di kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 154 |
Keywords: | Eksperimen semu; Think Pair Share; Numbered Heads Together |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 23 Oct 2018 10:20 |
Last Modified: | 23 Oct 2018 05:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31081 |