PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MAN I STABAT T.A 2018/2019

SARI, TUSITA (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MAN I STABAT T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3142121019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3142121019 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3142121019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3142121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3142121019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3142121019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3142121019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3142121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3142121019 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3142121019 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3142121019 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3142121019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3142121019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3142121019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 3142121019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 3142121019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3142121019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3142121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem
Based Instruction terhadap hasil belajar sejarah siswa di kelas XI IPS MAN I
Stabat T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN I Stabat, yang terdiri
dari dua kelas yaitu kelas XI-IPS 1 dan kelas XI IPS-2. kelas XI -IPS 1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing
berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random
Sampling. Instrumen yang diggunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa
adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Setelah diberikan
perlakuan yang berbeda kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem
Based Instruction dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, Dari hasil
penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 45,48 dan nilai
rata-rata kelas kontrol adalah 42,58. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes
dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 87,90 dan kelas kontrol 75,45, diperoleh
data kedua kelas berdistribusi normal dengan nilai Lhitung<Ltabel (0,1302<0,1497)
dan dikatakan homogen dengan jumlah variansi terbesar adalah 73,29 dan variansi
terkecil adalah 73,12 sehingga diperoleh hasil 1,38, berdasarkan nilai variansi
tersebut data pretes kedua kelas dikatakan homogen yakni nilai Fhitung<Ftabel
(1,38<1,84) sedangkan data posttest kedua kelas dikatakan homogen dengan
jumlah variansi terbesar adalah 47,26 dan jumlah variansi terkecil adalah 27,96
berdasarkan nilai variansi tersebut kedua data kelas dikatakan homogen yakni
nilai Fhitung<Ftabel (1,69<1,84). Hasil uji t nilai postes diperoleh thitung > ttabel (10,95
>1,671) Dengan demikian, diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan model pembelajaran Problem Based Instruction memiliki pengaruh yang
lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 SJRH 057
Keywords: MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION, HASIL BELAJAR SEJARAH
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 22 Oct 2018 10:15
Last Modified: 22 Oct 2018 06:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31048

Actions (login required)

View Item
View Item