SARI, TUSITA (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MAN I STABAT T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142121019 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 3142121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. NIM. 3142121019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM. 3142121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM. 3142121019 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3142121019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 3142121019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
12. NIM. 3142121019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 3142121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem
Based Instruction terhadap hasil belajar sejarah siswa di kelas XI IPS MAN I
Stabat T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN I Stabat, yang terdiri
dari dua kelas yaitu kelas XI-IPS 1 dan kelas XI IPS-2. kelas XI -IPS 1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing
berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random
Sampling. Instrumen yang diggunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa
adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Setelah diberikan
perlakuan yang berbeda kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem
Based Instruction dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, Dari hasil
penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 45,48 dan nilai
rata-rata kelas kontrol adalah 42,58. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes
dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 87,90 dan kelas kontrol 75,45, diperoleh
data kedua kelas berdistribusi normal dengan nilai Lhitung<Ltabel (0,1302<0,1497)
dan dikatakan homogen dengan jumlah variansi terbesar adalah 73,29 dan variansi
terkecil adalah 73,12 sehingga diperoleh hasil 1,38, berdasarkan nilai variansi
tersebut data pretes kedua kelas dikatakan homogen yakni nilai Fhitung<Ftabel
(1,38<1,84) sedangkan data posttest kedua kelas dikatakan homogen dengan
jumlah variansi terbesar adalah 47,26 dan jumlah variansi terkecil adalah 27,96
berdasarkan nilai variansi tersebut kedua data kelas dikatakan homogen yakni
nilai Fhitung<Ftabel (1,69<1,84). Hasil uji t nilai postes diperoleh thitung > ttabel (10,95
>1,671) Dengan demikian, diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan model pembelajaran Problem Based Instruction memiliki pengaruh yang
lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 057 |
Keywords: | MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION, HASIL BELAJAR SEJARAH |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 10:15 |
Last Modified: | 22 Oct 2018 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31048 |