BALQIS (2018) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL STUDI EMPIRIS PADA SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143341015 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 5133141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
4. NIM. 7143341015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 7143341015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. NIM. 7143341015 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 7143341015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 7143341015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
13. NIM. 7143341015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM. 7143341015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh keaktifan siswa
dalam pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi interpersonal, 2) pengaruh
praktek kerja insudtri (prakerin) terhadap kemampuan komunikasi interpersonal, 3)
pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran dan praktek kerja industry secara
bersama-sama terhadap kemampuan komunikasi interpersonal studi empiris pada
SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura
dengan populasi sebanyak 95 siswa dan sampel sebanyak 49 siswa. Instrument yang
digunakan untuk mengukur keaktifan siswa dalam pembelajaran dan kemampuan
komunikasi interpersonal berupa angket dan untuk mengukur praktek kerja industry
digunakan Nilai Sertifikat program magang T.P 2018/2019. Teknik analisis data
adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya
dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS
25.0.
Variable dalam penelitian ini adalah: 1) keaktifan siswa dalam pembelajaran
merupakan segala kegiatan yang bersifat fisik maupun non fisik siswa dalam proses
kegiatan belajar mengajar yang optimal sehingga dapat menciptakan suasana kelas
menjadi kondusif, 2) praktek kerja industry adalah suatu strategi dimana setiap siswa
mengalami proses belajar melalui bekerja langsung (learning by doing) pada
pekerjaan yang sesungguhnya, 3) kemampuan komunikasi interpersonal merupakan
kemampuan untuk melakukan komunikasi secara efektif.
Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda yaitu Y=
17,813 + 0,446X1 + 0,322X2 + e. Hasil uji-t diperoleh thitung = 4,428 dengan taraf
signifikan α 0,00 < 0,05 untuk hipotesis I dan untuk hipotesis II thitung = 3,096 dengan
taraf signifikansi α 0,03 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan
diperoleh fhitung = 79,109 dengan taraf signifikansi α penelitian sebesar 0,000 < 0,05.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh positif dan signifikan
antara keaktifan siswa dalam pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi
interpersonal, 2) ada pengaruh positif dan signifikan antara praktek kerja industry
terhadap kemampuan komunikasi interpersonal, 3) ada pengaruh positif dan
signifikan antara keaktifan siswa dalam pembelajaran dan praktek kerja industry
terhadap kemampuan komunikasi interpersonal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 040 |
Keywords: | keaktifan siswa; prakerin; kemampuan komunikasi interpersonal |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5717 Business communication |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 12:47 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31014 |