MARBUN, ESTER KEZIA CHRISTIE (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS DI SMA PANCA BUDI MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143341025 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7143341025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
3. NIM. 7143341025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
4. NIM. 7143341025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
5. NIM. 7143341025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM. 7143341025 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 7143341025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7143341025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
13. NIM. 7143341025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 7143341025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Panca Budi Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X IIS SMA Panca Budi Medan T.P 2017/2018. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS
SMA Panca Budi Medan yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah total sampling dimana sampel penelitian ini berjumlah 60 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, regresi linear berganda, dan uji hipotesis, yaitu uji T, uji F, uji determinasi yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 22.0. Hasil uji t menunjukkan secara parsial persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi
belajar siswa dengan nilai dimana thitung > ttabel sebesar 3,493 > 1,672 pada taraf signifikansi 95% ( =0,05), persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel sebesar 4.484 > 1,672 pada taraf signifikansi 95% ( =0,05). Dan
antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa didapat dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 41,319 > 3,16. Hasil perhitungan
persamaan regresi linear berganda Y = 12,239 + 0,396 X1 + 0,454 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 0,592. Dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Panca Budi Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 095 |
Keywords: | Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru, Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 09:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30999 |