MASITAH, MITHA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7142142011 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 7142142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM. 7142142011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM. 7142142011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 7142142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 7142142011 TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 7142142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7142142011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM. 7142142011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM. 7142142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya kemampuan
berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta
Teladan Sumatera Utara”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi jika diterapkan
model pembelajaran Think Pair Share dengan Probing Prompting berbantuan CD
Pembelajaran pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Teladan Sumatera
Utara.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara yang
berlokasi di Jl. Pendidikan No.62 Medan Helvetia. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI Akuntansi dengan jumlah 22 orang. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap
siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik
analisis data adalah dengan data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebelum
diadakannya tindakan pada siklus I adalah 68,81 dimana 36,36% siswa yang
memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah diadakannya tindakan siklus I nilai
rata-rata 81,81% dengan 68,18% siswa yang telah mencapai standar ketuntasan
belajar dan setelah diadakannya siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan
menjadi 87,55 dengan 90,90% siswa yang tuntas. Untuk kemampuan berpikir
kritis siswa juga menunjukkan peningkatan dari 45,45% pada siklus I menjadi
90,90% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
Think Pair Share dengan Probing Prompting berbantuan CD Pembelajaran pada
materi laporan keuangan dan jurnal penutup di kelas XI Akuntansi SMK Swasta
Teladan Sumatera Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019 membuktikan adanya
peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 112 |
Keywords: | Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Think Pair Share, Probing Prompting, CD Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 09:52 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30998 |