PUTRI, APRILIA TIARA (2018) PENGARUH BERMAIN BALOK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT NURUL ILMI MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1141113001 APRILIA TIARA PUTRI - COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
02 NIM 1141113001 APRILIA TIARA PUTRI - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
03 NIM 1141113001 APRILIA TIARA PUTRI - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
04 NIM 1141113001 APRILIA TIARA PUTRI - PREFACE.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
05 NIM 1141113001 APRILIA TIARA PUTRI - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
06 NIM 1141113001 APRILIA TIARA PUTRI - TABLES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
07 NIM 1141113001 APRILIA TIARA PUTRI - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
08 NIM 1141113001 APRILIA TIARA PUTRI - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
09 NIM 1141113001 APRILIA TIARA PUTRI - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13 NIM 1141113001 APRILIA TIARA PUTRI - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14 NIM 1141113001 APRILIA TIARA PUTRI - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk - bentuk geometri. Hal ini dikarenakan guru yang masih mengutamakan kegiatan membangun pada bermain balok. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain balok terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun yang di lakukan di TKIT Nurul Ilmi Medan. Penelitian ini menggunakan kelas A sebagai kelas penelitian. Pada kelas A1 sebagai kelas eksperimen dan A2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang dilakukan berupa penelitian kuantitatif (eksperimen)
dengan menggunakan desain penelitian posttest-only control design. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen yakini 12,5 dan kelas kontrol bernilai 9,2 dengan beda 3,3 pada nilai rata-rata, sehingga kemampuan kognitif pada usia 4-5 tahun pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 6 > 1,7074 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui bermain balok memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kognitif pada anak usia 4-5 tahun di TKIT Nurul Ilmi TA. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 080 |
Keywords: | Bermain Balok, Mengenal Bentuk Geometri, Kemampuan Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 15:31 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 09:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30978 |