Lamuddin (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8116172010 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 8116172010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8116172010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 8116172010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 8116172010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 8116172010 TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM 8116172010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM 8116172010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (915kB) | Preview
12. NIM 8116172010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
13. NIM 8116172010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan penalaran matematika dan pemecahan masalah matematika siswa mana yang lebih tinggi antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional, 2) deskripsi proses jawaban siswa pada tes kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika di masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel sebanyak 70 orang. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan penalaran matematika, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan lembar observasi. Data kemampuan yang diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS dan proses jawaban siswa pada kedua tes kemampuan dideskripsikan. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa 1) kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional 2) proses jawaban tes kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.3 Lam p |
Keywords: | matematika; Siswa; Guru; Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 08:27 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30974 |