PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII

Lamuddin (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8116172010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8116172010 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8116172010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8116172010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8116172010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8116172010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8116172010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8116172010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8116172010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8116172010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8116172010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8116172010 TABLES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8116172010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8116172010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8116172010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8116172010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (915kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8116172010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8116172010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8116172010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8116172010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan penalaran matematika dan pemecahan masalah matematika siswa mana yang lebih tinggi antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional, 2) deskripsi proses jawaban siswa pada tes kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika di masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel sebanyak 70 orang. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan penalaran matematika, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan lembar observasi. Data kemampuan yang diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS dan proses jawaban siswa pada kedua tes kemampuan dideskripsikan. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa 1) kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional 2) proses jawaban tes kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 511.3 Lam p
Keywords: matematika; Siswa; Guru; Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2018 08:27
Last Modified: 17 Oct 2018 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30974

Actions (login required)

View Item
View Item