Permadi, Dody Satria (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS ANEKDOT BERDASARKAN PENDEKATAN PROSES UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156191025 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 8156191025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
3. NIM. 8156191025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. NIM. 8156191025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 8156191025 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM. 8156191025 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 8156191025 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8156191025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8156191025 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. NIM. 8156191025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
11. NIM. 8156191025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
15. NIM. 8156191025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
16. NIM. 8156191025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh beberapa masalah. Bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia buku ajar merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengembangan menulis teks anekdot berdasarkan pendekatan proses di kelas X SMA Negeri 1 Stabat. ( 2) Mendeskripsi hasil penelitian ahli materi dan desain bahan ajar teks anekdot berdasarkan pendekatan proses siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat. (3) mengetahui keefektifan bahan ajar teks anekdot berdasarkan pendekatan proses siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan dari Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia. Dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat. Hasil validasi dari ahli materi dalam pengembangan bahan ajar menulis teks anekdot berdasarkan pendekatan proses menunjukkan bahwa rata-rata memperoleh 95,1% dengan kriteria sangat baik. Hasil dari hali desain rata-rata perolehan sebesar 85.5% dengan kriteria sangat baik. Hasil data yang diperoleh dari pengujian pada siswa kelas X SMA 1 Stabat menunjukkan bahwa (1) persentase rata-rata uji coba perorangan sebesar 79,8% dengan kriteria “baik”, (2) persentase rata-rata dari uji coba kelompok kecil adalah 84,02% dengan kriteria “sangat baik”, dan (3) persentase rata-rata dari uji kelompok lapangan terbatas adalah 83,04% dengan kriteria “sangat baik”. Efektivitas hasil uji coba produk bahan ajar mengalami peningkatan pada pretest diperoleh rata-rata sebesar 71,25 dan posttest memperoleh rata-rata yaitu sebesar 80,25 dengan selisih signifikasi sebesar 9%. Penelitian ini untuk memberikan sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan dan sebagai sarana yang memudahkan siswa dalam memahami materi teks anekdot sehingga dapat di aplikasikan dalam proses menulis teks anekdot
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 817 Per p |
Keywords: | Bahan Ajar, Teks Anekdot, Pendekatan Proses. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 03:00 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30963 |