SARI, RINDANG MELALA (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SQ4R PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101769 TEMBUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111070_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1141111070_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. NIM. 1141111070_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 1141111070_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM. 1141111070_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 1141111070_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 1141111070_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1141111070_BAB I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
13. NIM. 1141111070_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
12. NIM. 1141111070_BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia mengguinakan model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada materi menemukan ide pokok paragraf di kelas V SD Negeri 101769 Tembung. Rendahnya kemampuan membaca pemahaman dikarenakan siswa kurang
termotivasi untuk membaca, serta kurangnya pelaksanaan pembelajaran dengan metode yang tepat.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V dengan jumlah 28 siswa, yaitu: 20 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus
yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 28 orang siswa diperoleh tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa sebanyak 7 siswa (25%) mampu dan 21 siswa (75%) dinyatakan belum mampu, dengan ratarata 59,82. Pada siklus I sebanyak 17 siswa (60,71%) mampu dan 11 siswa (39,29%) belum mampu dengan rata-rata 71,42. Pada siklus II diperoleh tingkat
ketuntasan klasikal sebanyak 25 siswa (89,29%) mampu dan 3 siswa (10,71%) belum mampu dengan rata-rata nilai 81,96. Hasil observasi siswa selama proses pembelajaran dengan model SQ4R, siklus I pertemuan pertama 1,71 dan pertemuan kedua 2,28 siklus II pertemuan pertama 2,57dan kedua 3,14.
Sedangkan hasil observasi guru saat mengajar siklus I pertemuan pertama hanya 2,1 dan pertemuan kedua 2,6. Pada siklus II pertemuan pertama 3,1 dan pertemuan kedua 3,4.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan model
pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 453 |
Keywords: | SQ4R, MEMBACA PEMAHAMAN, IDE POKOK PARAGRAF |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 15:42 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30955 |