Sinarbariba, Rencus B (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166192021 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM 8166192021 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3. NIM 8166192021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 8166192021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
5. NIM 8166192021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 8166192021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM 8166192021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM 8166192021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
9. NIM 8166192021 BAB I.pdf - Published Version
Download (743kB) | Preview
13. NIM 8166192021 BAB V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM 8166192021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran berbasis web dan juga untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil pengembangan media pembelajaran berbasis web, (2) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap media pembelajaran berbasis web, (3) Bagaimana efektivitas pembelajaran berbasis web. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah Media pembelajaran berbasis web pada materi Teks Biografi. Adapun sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dua orang guru Bahasa Indonesia dan 32 orang siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Media pembelajaran dikembangkan dengan model pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Penelitian ini dilakukan sampai tiga tahap, yakni Tahap I Analisis, Tahap II Pengembangan Produk, dan Tahap III Pengembangan dan uji coba produk. (2) Hasil validasi ahli materi untuk penilaian kelayakan isi memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 93%. Penilaian kelayakan penyajian memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 96,25%. Penilaian kelayakan bahasa memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 89,58%. Hasil validasi ahli media untuk penilaian keseluruhan produk (media) memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 93,05%. (3) Efektifitas produk diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan persentase 85,78 sedangkan efektivitas kemampuan menulis siswa tanpa menggunakan media pengembangan melalui pretest sebesar 59,53. Adapun selisish Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dengan selisih peningkatan sebesar 26,25. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran hasil pengembangan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan pada pembelajaran teks biografi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 421 Sin p |
Keywords: | media pembelajaran, berbasis web, menulis, teks biografi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religions. Mythology. Rationalism > BL71.5 Biography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 08:33 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30954 |