GINTING, DEVI TAMALA BR (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMKS AL-WASHLIYAH 3 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7143141019 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2 NIM. 7143141019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
3 NIM.7143141019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4 NIM. 7143141019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5 NIM. 7143141019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6 NIM. 7143141019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7 NIM. 7143141019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 NIM. 7143141019 BAB I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13 NIM.7143141019 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14 NIM. 7143141019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Masalah di dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Multimedia terhadap hasil
belajar siswa kelas XI SMKS Al-Washliyah 3 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKS Al- Washliyah 3 Medan yang berjumlah 50 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan total sampling, yaitu keseluruhan populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI AP dan XI AK yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes soal. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk
membuat kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80 dengan standar deviasi 9,68 dimana nilai varians 93,75. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 73 dengan standar deviasi 10,61 dimana nilai varians 112,50. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 – 2 = 25 + 25 – 2 = 48 pada taraf signifikan 95%
diperoleh ttabel sebesar 1,677 dan thitung sebesar 2,29. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (2,29) > ttabel (1,677 ) maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
positif dan signifikan dalam strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan multimedia terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil
belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 52% daripada hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori
dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 47,67% pada mata pelajaran kewirausahaan Kelas XI SMKS Al-Washliyah 3 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 NIAGA 050 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Ctl, Multimedia, Dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 11:36 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30950 |