Padang, Maria Novalia (2018) PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 104190 PALUH KURAU. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156182031 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2 NIM. 8156182031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
3 NIM. 8156182031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4 NIM. 8156182031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5 NIM. 8156182031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6 NIM. 8156182031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7 NIM. 8156182031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM. 8156182031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
9 NIM. 8156182031 BAB I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
13 NIM. 8156182031 BAB V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
14 NIM. 8156182031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariatifnya metode
pembelajaran yang digunakan oleh guru dan minimnya motivasi belajar siswa,
sehingga siswa kelas V SD Negeri 104190 Paluh Kurau kurang mampu
memahami dan mengusai materi pelajaran PKn yang disampaikan. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan
dengan metode pembelajaran index card match lebih tinggi dari hasil belajar PKn
siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori, (2) Hasil
belajar PKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari hasil
belajar PKn siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (3) Interaksi antara
metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PKn
siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri SD Negeri 104190
Paluh Kurau terdiri 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Sampel penelitian ini
ditetapkan kelas V-A = 30 orang untuk mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan metode index card match kelas V-B = 30 orang untuk mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori. Teknik penarikan sampel
dilakukan dengan total sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil
belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda dan angket untuk motivasi belajar
siswa. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf
signifikansi α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan : (1) Hasil belajar PKn
siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran index card match
lebih tinggi dari menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Hasil belajar
PKn siswa menggunakan metode pembelajaran index card match nilai rata-rata
sebesar 89,33, sedangkan hasil belajar PKn siswa menggunakan metode
pembelajaran ekspositori nilai rata-rata sebesar 84,00, (2) Hasil belajar PKn siswa
memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki motivasi
belajar rendah. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi nilai rata-rata hasil
belajar PKn sebesar 89,59, sedangkan siswa yang memiliki motivasi belajar
rendah memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,94, (3) Terdapat interaksi metode
pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa.
Hasil perhitungan dengan uji Anava diperoleh harga sig. α=0,014<sig. α=0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Pad p |
Keywords: | Metode Index Card Match, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Sep 2018 02:40 |
Last Modified: | 29 Sep 2018 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30937 |