Khairunnisa (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ BERBANTUAN MEDIA IT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182022 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 8166182022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 8166182022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 8166182022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM. 8166182022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
6. NIM. 8166182022 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8166182022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8166182022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8166182022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
13. NIM. 8166182022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
14. NIM. 8166182022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar IPS anak
yang belajar dengan model pembelajaran Team Quiz berbantuan media IT dengan
anak yang belajar dengan model pembelajaran Team Quiz berbantuan media gambar,
(2) Perbedaan hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model pembelajaran Team
Quiz berbantuan media IT dengan model pembelajaran Team Quiz berbantuan media
gambar berdasarkan tingkat motivasi, (3) Interaksi antara model pembelajaran Team
Quiz berbantuan media IT dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada muatan
IPS subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku pada siswa kelas IV
SDN 026609 Binjai Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 026609 Binjai
Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 026609 Binjai
Selatan yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV-A 25 siswa dan IV-B 25 siswa. Jumlah
populasi sebanyak 50 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen
semu. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes pilihan berganda.
Analisis data menggunkan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
(1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran Team Quiz
berbantuan media IT dengan model pembelajaran Team Quiz berbantuan media
gambar diperoleh Fhitung = 74,874, signifikan 0.000 dengan α = 0,05, maka dapat
dilihat bahwa signifikan 0,000 < 0,05; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar dengan
model pembelajaran Team Quiz berbantuan media IT dengan model pembelajaran
Team Quiz berbantuan media gambar berdasarkan tingkat motivasi diperoleh Fhitung
= 110,966, signifikan 0.000 dengan α = 0,05, maka dapat dilihat bahwa signifikan
0,000 < 0,05; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Team Quiz
berbantuan media IT dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS
siswa subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku diperoleh Fhitung =
22,115, signifikan 0.000 dengan α = 0,05, maka dapat dilihat bahwa signifikan 0,000
< 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.07 Kha p |
Keywords: | Team Quiz, Media IT, Motivasi Belajar, Model Pembelajaran,Kurikulum 2013 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 04:11 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30921 |