PENGEMBANGAN PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA INOVATIF BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) SESUAI KURIKULUM 2013 KELAS XII SMA/MA SEMESTER GENAP

Harahap, Jusmasari (2018) PENGEMBANGAN PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA INOVATIF BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) SESUAI KURIKULUM 2013 KELAS XII SMA/MA SEMESTER GENAP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166142006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166142006 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166142006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166142006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166142006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166142006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166142006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166142006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166142006 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166142006 TABLE.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166142006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166142006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166142006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166142006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166142006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166142006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166142006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166142006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penuntun praktikum kimia yang digunakan di sekolah dengan standar BSNP, memperoleh penuntun praktikum kimia inovatif berbasis PBL sesuai kulrikulum 2013 kelas XII SMA/MA semester genap valid sesuai standar BSNP, memperoleh kit praktikum kimia yang valid sesuai standar Kemendikbud, mengetahui keterampilan proses siswa dan sikap siswa dalam praktikum menggunakan penuntun dan kit praktikum kimia yang dikembangkan, mengetahui respon siswa dan keefektifan penggunaan penuntun dan kit praktikum kimia yang dikembangkan terhadap hasil belajar siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini tiga penuntun praktikum kimia yang digunakan di sekolah, dua orang guru kimia, dan dua orang dosen, dan 30 siswa kelas XII IPA 1 SMA N.1 Bilah Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskrptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar analisis, validasi penuntun dan kit praktikum, lembar observasi keterampilan proses dan sikap siswa, angket respon dan tes hasil belajar siswa terhadap penuntun dan kit hasil pengembangan. Hasil penelitian diperoleh bahwa penuntun praktikum yang digunakan di sekolah layak digunakan namun ada beberapa komponen yang perlu dikembangkan, penuntun praktikum yang dikembangkan valid sesuai standar BSNP, kit praktikum yang dikembangkan valid sesuai standar Kemendikbud, keterampilan proses siswa dan sikap siswa dalam praktikum menggunakan penuntun dan kit praktikum kimia yang dikembangkan masing-masing 86,85% dan 82,50 % dalam kategori sangat baik, respon siswa terhadap penuntun dan kit praktikum kimia yang dikembangkan 81,37% dalam kategori sangat baik, penuntun dan kit praktikum kimia yang dikembangkan efektif terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 542.1 Har p
Keywords: penuntun praktikum, penelitian dan pengembangan, Problem Based Learning (PBL), kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2018 08:24
Last Modified: 13 Sep 2018 08:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30908

Actions (login required)

View Item
View Item