Sianipar, Hotmaria Menanti (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 1 PERBAUNGAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171038 COVER. pdf.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 8146171038 APPROVAL SHEET. pdf.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
3. NIM 8146171038 ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4. NIM 8146171038 PREFACE. pdf.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5.NIM 8146171038 TABLE OF CONTENT. pdf.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM 8146171038 TABLES. pdf.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM 8146171038 ILLUSTRATION. pdf.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 8146171038 APPENDICES. pdf.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 8146171038 CHAPTER 1. pdf.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8146171038 CHAPTER 5. pdf.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
14. NIM 8146171038 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik yang valid dalam meningkatkan kemampuan koneksi dan berpikir kreatif, 2) menganalisis peningkatan kemampuan Koneksi Matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Realistik yang telah dikembangkan, 3) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Realistik yang telah dikembangkan dan 4) mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis RME yang efektif dalam meningkatkan kemampuan koneksi dan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, buku petunjuk guru, dan buku siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-5 di SMP Negeri 1 Perbaungan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, baik dalam validitas isi maupun validitas konstruk; 2) terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan; 3) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan 4) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif, ditinjau dari: a) kemampuan koneksi matematis siswa terpenuhi, b) kemampuan berpikir kreatif siswa terpenuhi, c) waktu ideal aktivitas siswa terpenuhi, d) pencapaian guru mengelola kelas terpenuhi dan e) respon positif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Men p |
Keywords: | PembelajaranRME, Belajar, Model Pembelajaran, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 03:36 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30903 |