Tarihoran, Siti Marlina (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI 104258 DELISERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166181032 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 8166181032 LEMBARPENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
3. NIM 8166181032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 8166181032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM 8166181032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM 8166181032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 8166181032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8166181032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8166181032 BAB I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
13. NIM 8166181032 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM 8166181032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya guru menggunakan teknologi multimedia interaktif dalam kegiatan pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media pembelajaran, mengetahui kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan dan mengetahui hasil belajar tamatik pada tema peristiwa dalam kehidupan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, design, develop dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 104258 Deliserdang yang berjumlah 33 orang siswa. Dalam proses perancangan dan pengembangan dilakukan validasi oleh ahli desain, ahli maedia pembelajaran dan ahli materi pelajaran. Hasil validasi oleh ahli desain media pembelajaran sebesar 86%, ahli media pembelajaran sebesar 92% dan ahli materi pembelajaran sebesar 90%. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap multimedia interaktif sebesar 87% dan nilai yang diberikan guru terhadap multimedia interaktif sebesar 89%. Persentse hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif pada ujicoba I sebesar 87% dan hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif pada uji coba II sebesar 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan menjadi alternatif sumber belajar tematik khususnya siswa kelas V dengan tema peristiwa dalam kehidupan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Tar p |
Keywords: | Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 07:53 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30898 |