Asmita, Sri (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SDN 104258 PEMATANG BIARA DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166181034 COVER.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
2. NIM 8166181034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. NIM 8166181034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 81661812034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM 8166181034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 8166181034 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 8166181034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8166181034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM 8166181034 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM 8166181034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
14. NIM 8166181034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
15. NIM 8166181034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang belum
maksimal dilakukan guru pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk
menghasilkan multimedia interaktif pembelajaran berbasis saintifik pada tema
indahnya keragaman di negeriku. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV
SDN 104258 Pematang Biara Deliserdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian
dan pengembangan (R&D). pengembangan multimedia interaktif dilakukan
berdasarkan model pengembangan 4-D (four D models) dari Thiagarajan yang
terdiri dari pendefenisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek
dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 104258 Pematang Biara yang
berjumlah 32 orang dan objek penelitian adalah produk multimedia interaktif.
Hasil penelitian diperoleh bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan
menurut ahli materi dengan nilai rata-rata 3,85 kategori “valid”. Sedangkan Ahli
media memberikan nilai rata-rata 3,52 kategori “valid” dan Ahli desain grafis
memberikan nilai rata-rata 3,45 kategori “valid”. Hasil Keefektifan multimedia
interaktif yang dikembangkan diperoleh pada uji coba I persentase ketuntasan
klasikal sebesar 84,37% (27 siswa) dan 15,62% (5 siswa) belum tuntas sedangkan
pada uji coba II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,75% (30
siswa) dan 2 siswa (6,25%) belum tuntas. Kepraktisan media pembelajaran
diperoleh respon guru uji coba I sebesar 89,28% dan uji coba II 96,42%. Respon
siswa uji coba I sebesar 82,43% dan uji coba II 89% dalam kategori praktis.
Untuk melihat pertambahan nilai hasil belajar siswa dengan menggunakan
multimedia interaktif dianalisis dengan menggunakan N-Gain diperoleh pada uji
coba I 0,5 (sedang) dan uji coba II 0,7 (sangat tinggi)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Asm p |
Keywords: | Media pembelajaran, multimedia interaktif, saintifik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 07:47 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30897 |