Aulia, Dwisyah Nur (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141131008 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4141131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM. 4141131008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4141131008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 4141131008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 4141131008 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4141131008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4141131008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4141131008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM. 4141131008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 4141131008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem based learning dan inkuiri terbimbing menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar, adanya pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar, adanya interaksi model problem based learning dan inkuiri terbimbing menggunakan macromedia flash terhadap aktivitas belajar siswa, serta korelasi antara aktivitas belajar dengan hasil belajar kimia siswa pada materi redoks. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan faktorial 2x2 dan uji korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan tahun pelajaran 2017/2018. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara random sampling, yakni kelas ekperimen-I (dengan model problem based learning menggunakan macromedia flash) dan eksperimen-II (dengan model inkuiri terbimbing menggunakan macromedia flash). Teknik pengumpulan data dengan mode tes dan nontes, berupa soal-soal pokok bahasan redoks untuk mengukur hasil belajar kimia dan aktivitas belajar siswa. Persyaratan uji normalitas menggunakan uji liliefors, persyaratan uji homogenitas menggunakan uji F. Analisis data menggunakan uji anava 2 jalur (general linear model univariate) menggunakan SPSS versi 20 dan uji korelasi menggunakan uji r-product moment (correlate bivariate). Hasil data penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model problem based learning dan inkuiri terbimbing menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar, terdapat interaksi model problem based learning dan inkuiri terbimbing menggunakan macromedia flash terhadap aktivitas belajar siswa serta korelasi yang sangat signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar kimia siswa pada materi redoks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 046 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING, INKUIRI TERBIMBING, MACROMEDIA FLASH, AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 13 Aug 2018 10:53 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30829 |