Mariani (2018) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, PENGETAHUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KEPALA SD DI KABUPATEN TAPANULI UTARA. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8106134007 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8106134007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (937kB) | Preview
3. NIM. 8106134007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. NIM. 8106134007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM. 8106134007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM. 8106134007 TABLES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM. 8106134007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 8106134007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. NIM. 8106134007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (776kB) | Preview
13. NIM. 8106134007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
14. NIM. 8106134007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh budaya organisasi, pengetahuan manajemen pendidikan, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja kepala SD; dan (2) menentukan fixed model atau model teoretik yang dapat menggambarkan hubungan kausalistik antar variabel laten yang menentukan kinerja kepala SD.
Penelitian dilakukan pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Tapanuli Utara, tahun 2017 dengan melibatkan 192 orang kepala SD sebagai responden. Data budaya organisasi, motivasi kerja, kepuasan kerja dan kinerja dijaring dengan menggunakan kuesioner pilihan berganda model skala Likert; sedangkan data pengetahuan manajemen pendidikan dijaring dengan menggunakan tes pilihan berganda. Instrumen penelitian terlebih dahulu diuji coba, yaitu untuk menguji validitas dengan korelasi Product Momen, tetapi khusus instrumen pengetahuan manajemen pendidikan dengan korelasi point biserial dan untuk menguji reliabilitasnya dengan formula Alpha dari Cronbach, tetapi khusus instrumen pengetahuan menajemen pendidikan dengan menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data dilakukan dalam dua tahap yakni secara deskriptif dan inferensial. Tujuan analisis deskriptif adalah untuk menggambarkan karakteristik data berupa rata-rata, median, modus dan varians. Analisis inferensial digunakan untuk menguji persyaratan dan hipotesis penelitian. Uji Persyaratan analisis mencakup: uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Uji normalitas data setiap variabel menggunakan Kolmogorov Smirnof Test. Uji kelinieran regresi antar variabel dilakukan menggunakan statistik F test. Uji kecocokan model teoretik digunakan uji goodness of fit dengan menggunakan Chi Kuadrat. Dan untuk menguji hipotesis digunakan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja, (2) pengetahuan manajemen pendidikan berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja, (3) budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja, (4) pengetahuan manajemen pendidikan berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja, (5) budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja, (6) pengetahuan manajemen pendidikan berpengaruh langsung positif terhadap kinerja, (7) motivasi kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja, dan (8) kepuasan kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja.
Berdasarkan penerimaan hipotesis-hipotesis penelitian maka ditemukan suatu model teoretik atau fixed model yang menggambarkan struktur hubungan kausal antara variabel budaya organisasi, pengetahuan manajemen pendidikan, motivasi kerja, kepuasan kerja dan kinerja Kepala Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 372.068 Mar p |
Keywords: | budaya, pengetahuan manajemen pendidikan, motivasi kerja, kepuasan kerja, kinerja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 03:33 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30765 |