Anwar, Wulandari (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERBASIS BUDAYA PERNIKAHAN ADAT MELAYU UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MEDANG DERAS KABUPATEN BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156191039 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 8156191039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM. 8156191039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8156191039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM. 8156191039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 8156191039 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 8156191039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8156191039 CHART.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8156191039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 8156191039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
14. NIM. 8156191039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan, kelayakan serta
keefektifan tentang pengembangan bahan ajar teks prosedur berbasis budaya
pernikahan adat Melayu pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Medang Deras
kabupaten Batubara. Bahan ajar yang dikembangkan berupa modul. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research
and Development (R&D) dirujuk pada model Borg & Gall yang dikemukakan Tegeh,
dkk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil dari proses pengembangan
bahan ajar teks prosesdur berbasis budaya pernikahan adat Melayu melalui
perhitungan angket analisis kebutuhan diperoleh rata-rata 91,67% dari 1 orang guru
dan 35 siswa yang menyatakan membutuhkan bahan ajar pada materi teks prosedur
dalam proses pembelajaran agar berjalan lebih efektif dan dapat dijadikan sarana
pembelajaran secara individual oleh siswa. (2) hasil yang diperoleh dari kelayakan
bahan ajar berbasis budaya pernikahan adat Melayu yang divalidasi ahli materi
meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 82,35% pada kriteria sangat baik, kelayakan
penyajian dengan rata-rata 90,38% pada kriteria sangat baik, dan penilaian bahasa
dengan rata-rata 83,65% pada kriteria sangat baik, sedangkan hasil yang diperoleh
dari validasi ahli desain dengan rata-rata 81,25% pada kriteria sangat baik, pada hasil
angket tanggapan guru diperoleh rata-rata 90% pada kriteria sangat baik, sedangkan
pada angket tanggapan siswa meliputi uji coba perorangan dengan rata-rata 78,47%
pada kriteria baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 82,02% pada kriteria
sangat baik, dan uji lapangan terbatas dengan rata-rata 83,09% pada kriteria sangat
baik. (3) Hasil keefektifan belajar siswa dalam memahami teks prosedur sebelum
menggunakan modul sebesar 75,65, sedangkan hasil belajar tes memahami teks
prosedur siswa sesudah menggunakan modul meningkat sebesar 90,8. Selisih yang
diperoleh sebesar 10,42 dari sebelum ke sesudah menggunakan modul. Hal ini
membuktikan bahwa bahan ajar teks prosedur yang dikembangkan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis
budaya pernikahan adat Melayu. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu bahan ajar
yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis dalam pelaksanaan proses
pembelajaran bagi guru, dimana bahan ajar ini sebagai bahan ajar tambahan untuk
memberi kemudahan dalam menyampaikan materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 2 Anw p |
Keywords: | pengembangan, bahan ajar, teks prosedur, pernikahan, adat Melayu |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PC Romance languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 03:38 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30741 |