Nursyam (2018) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA RAMAH LINGKUNGAN TERINTEGRASI INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI SERTA AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI MIPA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156141011 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 8156141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. NIM 8156141011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 8156141011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5. NIM 8156141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM 8156141011 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM 8156141011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM 8156141011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 8156141011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
13. NIM 8156141011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM 8156141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan penuntun
praktikum kimia ramah lingkungan terintegrasi inkuiri terbimbing yang
dikembangkan untuk SMA kelas XI MIPA berdasarkan kurikulum 2013 dan
Badan Standard Pendidikan Nasional (BNSP), mengetahui perbedaan
motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan
penuntun praktikum kimia yang telah dikembangkan, dan untuk mengetahui
hubungan dan pengaruh antara motivasi, aktivitas terhadap hasil belajar
siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Development Research
yang menggunakan pengembangan model Analysis, Design, Development,
Implementation and Evaluations (ADDIE). Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas XI SMA kabupaten. Langkat. Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gebang sebanyak 2 kelas yang
berjumlah 68 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penuntun
praktikum yang telah dikembangkan telah dikatakan sangat layak untuk
diimplementasikan berdasarkan BNSP dengan nilai rata-rata semua
komponen sebesar 4, 38; (2) terdapat perbedaan peningkatan motivasi,
aktivitas dan hasil belajar siswa, yang dibelajarkan dengan penuntun
praktikum kimia ramah lingkungan terintegrai inkuiri terbimbing dengan
0,000 < 0,05 dan masing-masing t hitung sebesar 11,9; 12,6 dan 8,61 > 2,000
(thitung > t tabel) (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan
hasil belajar dengan Sig 0,000 < 0,05; (4) terdapat hubungan yang signifikan
antara aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan Sig 0,000 < 0,05; (5)
terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar dengan
Sig 0,000 < 0,05; (6) terdapat pengaruh yang signifikan antara aktivitas
belajar dan hasil belajar siswa dengan Sig 0,000 < 0,05; (7) koefisien
determinasi pengaruh motivasi terhadap hasil belajar sebesar 43,8 % dan
koefisien determinasi pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar
sebesar 46,8%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 542.1 Nur p |
Keywords: | Pengembangan penuntun praktikum, kimia ramah lingkungan, inkuiri terbimbing, motivasi belajar, aktivitas belajar, hasil belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 02:48 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30731 |