Lubis, Samuelson (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI PBM DAN PMR BERBANTUAN GEOGEBRA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136172076 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 8136172076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
3. NIM. 8136172076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 8136172076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
6. NIM. 8136172076 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7. NIM. 8136172076 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM. 8136172076 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8136172076 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
13. NIM. 8136172076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajarkan dengan PBM berbantuan software Geogebra dengan siswa yang diajarkan dengan PMR berbantuan software Geogebra, (2) perbedaan motivasi belajar matematika antara siswa yang diajarkan dengan PBM berbantuan software Geogebra dengan siswa yang diajarkan dengan PMR berbantuan software Geogebra, (3) proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajarkan dengan PBM berbantuan software Geogebra dengan siswa yang diajarkan dengan PMR berbantuan software Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 18 Medan yang terdiri dari 4 kelas paralel, kemudian secara acak dipilih dua kelas paralel dengan jumlah 71 siswa. Kelas eksperimen I mendapat PBM berbantuan software Geogebra dan kelas eksperimen II mendapat PMR berbantuan software Geogebra. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) skala motivasi belajar matematika. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,84 dan 0,915 berturut-turut untuk kemampuan pemecahan masalah matematiks dan motivasi belajar matematika. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajarkan PBM berbantuan software Geogebra dengan siswa yang diajarkan dengan PMR berbantuan software Geogebra. Hal ini terlihat dari hasil ANAKOVA untuk Fhitung = 13,4 lebih besar Ftabel adalah 3,98. Konstanta persamaan regresi untuk PBM berbantuan software Geogebra yaitu 41,65 lebih besar dari PMR berbantuan software Geogebra yaitu 34,74. (2) Terdapat perbedaan motivasi belajar matematika antara siswa yang diajarkan dengan PBM berbantuan software Geogebra dengan siswa yang diajarkan dengan PMR berbantuan software Geogebra. Hal ini terlihat dari hasil ANAKOVA untuk Fhitung = 4,359 lebih besar Ftabel adalah 3,98. Konstanta persamaan regresi untuk PBM berbantuan software Geogebra yaitu 133,03 lebih besar dari PMR berbantuan software Geogebra yaitu 123,05. (3) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan PBM berbantuan software Geogebra lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan PMR berbantuan software Geogebra.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 512.1 Lub p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Matematika Realistik , Software Geogebra, Pemecahan Masalah,Motivasi Belajar Matematika |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jul 2018 08:22 |
Last Modified: | 17 Jul 2018 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30725 |