Efendi, Aswan (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MAN HUTAGODANG LABUHANBATU SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172006 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 8156172006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (843kB) | Preview
3. NIM. 8156172006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 8156172006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 8156172006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 8156172006 TABLES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM. 8156172006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. NIM. 8156172006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (721kB) | Preview
12. NIM. 8156172006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 8156172006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa; 2) kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa; 3) keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa; dan 4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua menguji cobakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan di kelas XI IPA MAN Hutagodang Labuhanbatu Selatan. Dari hasil uji coba I dan Uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan valid; 2) perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan praktis; 3) perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I sebesar 71,43% dan pada uji coba II sebesar 92%; b) ketercapaian kemampuan guru mengelola pembelajaran pada uji coba I sebesar 2,83 (cukup baik) dan uji coba II sebesar 3,37 (baik); 4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat dari uji coba I dengan rata-rata 76,91 menjadi 8,15 pada uji coba II; dan 5) peningkatan kemandirian belajar siswa meningkat dari uji coba I dengan rata-rata 2,97 menjadi 3,03 pada uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Efe p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pengembangan, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis , Kemandirian Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 03:09 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30688 |