RANGKUTI, YANTI AGUSTINA (2018) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS 5 SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111090_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1141111090_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM. 1141111090_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 1141111090_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 1141111090_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 1141111090_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1141111090_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1141111090_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143111090_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
10. NIM. 1143111090_BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
14. NIM. 1141111090_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 1141111090_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Materi Pokok Pesawat Sederhana Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Di Kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini
adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V-B SDN 104204 Sambirejo Timur Kec. Percut Sei Tuan T.A 2017/2018 dengan jumlah siswa 27 orang. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan lembar observasi. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur Kec. Sei Percut Sei Tuan menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Dari hasil angket motivasi belajar IPA pada siklus I terdapat 8 siswa (29,62%) termotivasi. Melihat
hasil dari perolehan persentase motivasi belajar siswa pada siklus I maka perlu dilakukan tindak lanjut pada siklus II dengan perolehan siswa yang termotivasi
sebanyak 25 siswa (92,58%%). Selain dilihat dari hasil angket peningkatan motivasi belajar siswa juga terlihat pada observasi kegiatan belajar siswa dimana pada siklus I Rata-rata klasikal dari pertemuan I dan II diperoleh 52,70% termotivasi,. Selanjutnya pada siklus II 83,11% termotivasi. Untuk observasi kegiatan guru pada siklus I rata-rata nilai dari pertemuan I dan II pada siklus I
yaitu 64,82 selanjutnya pada siklus II nilai kegiatan guru yaitu sebesar 89,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi Pesawat Sederhana di kelas VB SDN 104204 Sambirejo Timur Kec. Percut Sei Tuan TA 2017/2018. Sebagai tindak lanjut maka dalam rangka meningkatkan
motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA diharapkan kepada guru dapat merancang dan mengembangkan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa untuk belajar, salah satunya menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 153 |
Keywords: | Meningkatkan Motivasi Belajar dan Reciprocal Teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 14:00 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30628 |