SAKILA, FUJA (2018) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA/I KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BANDAR KHALIPAH T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341018 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 7133341018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. NIM. 7133341018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
4. NIM. 7133341018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM. 7133341018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6. NIM. 7133341018 TABLES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. NIM. 7133341018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. NIM. 7133341018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 7133341018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
13. NIM. 7133341018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
14. NIM. 7133341018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa/I kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Khalipah T.A 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh efikasi diri dan kegiatan
ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar IPS siswa/I kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar KhalipahT.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bandar Khalipah yang beralamat di Jln Besar Bandar Khalipah
Kab Serdang Bedagai. Jenis penelitian ini adalah expost facto, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Khalipah yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 214 siswa. Sampel dalam
penelitian ini adalah dengan Cluster Random Sampling, yaitu sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi (DKN). Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya
menggunakan rumus cronbach alpha. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel efikasi diri (X1) diperoleh thitung > ttabel (5,849 > 2,045) dengan alpha 0,05. Hal ini berarti efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ips siswa. Untuk variabel kegiatan ekstrakurikuler (X2) diproleh thitung > ttabel (3,615 > 2,045) dengan alpha 0,05. Hal ini berarti kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ips siswa. Selanjutnya uji f
dilakukan dengan membandingkan hasil antara fhitung > ftabel. Berdasarkan uji f diperoleh bahwa nilai (42,969 > 3,32) dengan alpha 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efikasi diri (X1) dan kegiatan ekstrakurikuler (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Dari analisis tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara efikasi diri dan kegiaan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bandar Khalipah T.A 2016/2017 diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 013 |
Keywords: | Efikasi Diri, Kegiatan Ekstrakurikuler, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 12:10 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30603 |