PURBA, NUR AINUN (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 1 NAMORAMBE T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
08.NIM.4132121018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
10.NIM.4132121018 BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
07.NIM.4132121018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
09.NIM.4132121018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
14.NIM.4132121018 BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
15.NIM.4132121018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
01.NIM.4132121018 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
02.NIM.4132121018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
03.NIM.4132121018 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
04.NIM.4132121018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
05.NIM.4132121018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
06.NIM.4132121018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Namorambe T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Namorambe yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan Sampel tunggal kelas XI MIA I sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model
problem based learning dan kelas XI-MIA II sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu instrumen divalidkan oleh ahli dan oleh dua orang dosen. Instrumen yang divalidasi dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk essai sebanyak 10 soal. Dari hasil penelitian diperoleh, diperoleh nilai rata – rata pretes kelas
eksperimen 29,26 dengan standar deviasi 6,97 dan pada kelas kontrol sebesar 26,4 dengan standar deviasi 8,41. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Setelah
pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh nilai rata –rata kelas eksperimen 71,5 dengan standar deviasi 9,57 dan kelas kontrol 64,83 dengan standar deviasi 9,23. Melalui pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri 1 Namorambe T.P.2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 067 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 12:09 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30601 |