HASIBUAN, KHOIRIA BAHRI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH KELAS IVB SDN 106806 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311029_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1143311029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM. 1143311029_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 1143311029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1143311029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143311029_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 1143311029_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143311029_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1143311029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
10. NIM. 1143311029_BAB I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
14. NIM. 1143311029_BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM. 1143311029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada Subtema keragaman suku bangsa dan agama di negriku pada pembelajaran 3 di kelas IVB SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa.
Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus pembelajaran. Dengan 4 tahapan pada masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Adapun alat pengumpulan datanya adalah tes
dan lembar observasi. Hasil analisis data dari 28 orang siswa diperoleh hasil belajar siswa pada saat Pre Test terdapat 7 orang siswa yang tuntas dengan presentase 25% dan 21 orang siswa yang tidak tuntas dengan presentase 75% dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 56,25. Peneliti menindak lanjuti pada siklus I dengan
menggunakan model pembelajaran make a match terdapat peningkatan nilai dari sebelumnya, perolehan hasil terdapat 16 orang siswa yang nilainya mencapai
ketuntasan dengan presentase 57%, sedangkan 12 orang siswa yang belum tuntas dengan presentase 43% dengan nilai rata-rata klasikal 68,57. Dari perolehan hasil
sikus I peneliti menindak lanjuti ke siklus II, secara signifikan hasil belajar siswa meningkat sebanyak 25 oarang siswa yang tuntas dengan presentase 89% dan 3
orang siswa yang tidak tuntas dengan presentase 11% dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 80,89. Sehingga penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku pada kelas IVB SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 141 |
Keywords: | Meningkatkat Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 12:07 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30597 |