RITONGA, MAAT ALBAAR (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.7123342019_COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2.NIM.7123342019_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN..pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
3.NIM.7123342019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4.NIM.7123342019_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5.NIM.7123342019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6.NIM.7123342019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
7.NIM.7123342019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
8. NIM. 7123342019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9.NIM. 7123342019_BAB I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13.NIM. 7123342019_BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14.NIM. 7123342019)_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah lemahnya proses belajar mengajar,kurangnya pemanfaatan dalam menggunakan model pembelajaran yang cenderung masih menggunakan metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi yang beralamat di Jalan Letda Sujono,Bulian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK yaitu sebanyak 57 orang, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI AK 1 berjumlah 30 orang dan XI AK 2 berjumlah 27 orang. dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling . Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas XI AK 1 yang berjumlah 25 orang dan kelas XI AK 2 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan taraf kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan menghitung mean dan standar deviasi, uji normalitas menggunakan uji lilliefors, uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis tidak dapat ditolak. Dari hasil analisa data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 46,00 dengan standar deviasi 9,24 dan nilai rata-rata post test yaitu sebesar 64,40 dengan standar deviasi 8,46. Dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 48,40 dengan standar deviasi 7,60 dan nilai rata-rata post test yaitu sebesar 76,40 dengan standar deviasi 7,57. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α= 0,05. Pada post test hasil belajar diperoleh thitung = 5,286 sedangkan ttabel = 1,679 dengan thitung > ttabel sehingga Ha tidak dapat di tolak. Jadi, berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi dengan materi perusahaan dagang menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode konvensional di kelas XI SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 045 |
Keywords: | Problem Posing,metode KOnvensional,hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB135 Mathematical economics L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 12:02 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30588 |