HASIBUAN, MUHAMMAD SABIQ (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA ISLAM TERPADU DAAR AL ULUUM KISARAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2131111036 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
02. NIM 2131111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
03. NIM 2131111036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
04. NIM 2131111036 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
05. NIM 2131111036 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
06. NIM 2131111036 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
07. NIM 2131111036 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
08. NIM 2131111036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
12. NIM 2131111036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
13. NIM 2131111036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu kuartet terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Daar Al Uluum Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini berjumlah 68 siswa. Dari populasi tersebut, ditentukan 34 siswa sebagai sampel penelitian yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test desaign. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes produk. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen dengan menggunakan media kartu kuartet termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 65,85, sedangkan kemampuan siswa menulis teks cerpen dengan menggunakan media kartu kuartet termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 75,15. Selanjutnya, hasil dari hipotesis menunjukkan thitung lebih besar daripada ttabel atau 4,13 > 2,00 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian, hipotesis nihil atau Ha ditolak dan hipotesis alternatif atau Ha diterima. Artinya, media kartu kuartet berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Daar AL Uulum Kisaran. Dengan kata lain, hasil pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan media kartu kuartet lebih baik daripada hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran demontration.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 072 |
Keywords: | Penggunaan, Media, Kartu Kuartet, Menulis, Teks Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR621 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 11:56 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30578 |