NASUTION, NUR ANITA ASMAIDA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA CERDAS MURNI TEMBUNG T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01.NIM 4133321063 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
02. NIM 4133321063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
03.NIM 4133321063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
04.NIM 4133321063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
05.NIM 4133321063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
06.NIM 4133321063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
07.NIM 4133321063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
08.NIM 4133321063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
09.NIM 4133321063 BAB I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13.NIM 4133321063 BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14.NIM 4133321063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Cerdas Murni Tembung T.P 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester IISMA Cerdas Murni Tembung T.P 2017/2018. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu
kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 36 siswa untuk kelas eksperimen dan 36 siswa untuk kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan berganda sebanyak 15 soal. Analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation diperoleh rata-rata pretes 45,58 dan nilai
rata-rata postes 77,58. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata pretes 44,08 dan rata-rata postes 68,92. Uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh data dari kedua sampel normal dan homogen. Pada uji t pretes diperoleh H0 diterima maka kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Uji t postes diperoleh Ha diterima maka ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar. Selama proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata
keterampilan siswa kelas eskperimen adalah 75,66 dan nilai rata-rata sikap siswa kelas eksperimen adalah 74,21 termasuk dalam kriteria aktif. Diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Cerdas Murni Tembung T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 068 |
Keywords: | Model Kooperatif Tipe Group Investigation, Konvensional, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 11:56 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30577 |