Harahap, Aminullah Abdul Jalil (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA MUSDA PERBAUNGAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5122121001 COVER.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
2. NIM. 5122121001 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 5122121001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
4. NIM. 5122121001 KPREFACE.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
5. NIM. 5122121001 LIST OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
6. NIM. 5122121001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
7. NIM. 5122121001 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
8. NIM. LIST OF APPENDICCES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
9. NIM. 5122121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (885kB) | Preview
13. NIM. 5122121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
14. NIM. 5122121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar
teknik pengelasan siswa kelas XI SMK Swasta Musda Perbaungan dengan menerapkan
Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL). Dalam pelaksanaan tindakan guru
dibantu oleh seorang pengamat sebagai observer. Strategi ini mempunyai empat tahapan,
yaitu tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi yang dari dua
siklus.
Hasil penelitiannya diamana nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan
aktivitas dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan sebesar 25,81%. Dari tes evaluasi hasil
belajar siswa terjadi peningkatan dimana 20 siswa (64,52%) yang tuntas belajar pada siklus I
menjadi 26 siswa (83,87%) pada siklus II dimana terjadi peningkatan sebesar 19,35%, berarti
bahwa telah tercapai batas tuntas indikator yang ditetapkan secara klasikal yaitu 80% siswa
memperolah nilai ≥ 75. Melalui penelitian ini terbukti bahwa strategi pembelajaran Project
Based Learning telah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dengan demikian,
pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Pengelasan dengan menggunakan Model
Pembelajaran Project Based Learning. Pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil
belajar siswa kelas XI SMK Swasta Musda Perbaungan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 039 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING, KEAKTIFAN BELAJAR, HASIL BELAJAR. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 10:19 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30550 |