ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS BIOLOGI SISWA SMA KELAS XI IPA SE-KABUPATEN ACEH TAMIANG

Firiani (2018) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS BIOLOGI SISWA SMA KELAS XI IPA SE-KABUPATEN ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156174005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156174005 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156174005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156174005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156174005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156174005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156174005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156174005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156174005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156174005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156174005 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156174005 TABLE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156174005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156174005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156174005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156174005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156174005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156174005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156174005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156174005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156174005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156174005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains
biologi siswa SMA kelas XI IPA se- Kabupaten Aceh Tamiang. Metode
penelitian digunakan analisis deskripsi survey dengan sampel penelitian
berjumlah 301 siswa dari 12 sekolah masing-masing 1 kelas yang ditentukan
secara cluster random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan teknik tes
dengan soal pilihan ganda dan soal essay dan juga teknik non tes berupa observasi
keterampilan proses sains. Data diolah dan dianalisis dengan cara dihitung
persentase kemampuan literasi sains pada masing-masing dimensi dan dilanjutkan
dengan uji Mann Whitney U pada taraf signifikan = 0,05 untuk mengetahui
perbedaan literasi sains antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan, perbedaan
literasi sains antara sekolah negeri dan sekolah swasta serta perbedaan literasi
sains berdasarkan wilayah sekolah antara kota dan desa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa literasi pada dimensi sains sebagai batang tubuh ilmu
pengetahuan diperoleh rata-rata 37,42%, literasi pada dimensi sains sebagai cara
untuk menyelidiki rata-rata 55,97%, literasi pada dimensi sains sebagai cara untuk
berpikir rata-rata 50,55% dan literasi sains dalam kaitannya dengan lingkungan,
teknologi dan masyarakat rata-rata 18,48% sehingga termasuk dalam kategori
rendah karena rata-rata nilai diperoleh dibawah 60%. Berdasarkan hasil uji Mann
Whitney U diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk
kemampuan literasi sains berdasarkan gender, status sekolah dan wilayah sekolah
pada dimensi sains sebagai batang tubuh. sains sebagai cara untuk menyelidiki,
sains sebagai cara untuk berpikir. Pada dimensi sains sebagai kaitannya dengan
sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat terdapat perbedaan yang signifikan
berdasarkan status sekolah, wilayah sekolah tetapi tidak berbeda berdasarkan
gender. Dalam hal ini literasi sains siswa perempuan (43,68%) lebih baik
dibandingkan dengan siswa laki-laki (38,48%), berdasarkan status sekolah,
sekolah negeri (43,47%) lebih baik dibandingkan dengan sekolah swasta
(26,89%) dan berdasarkan wilayah sekolah, sekolah di Desa (43,79%) lebih baik
dibandingkan dengan sekolah di Kota (37,13%).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570 Fit a
Keywords: Literasi Sains, Batang Tubuh Pengetahuan, Kemampuan Berpikir, Kemampuan Menyelidiki, salingtemas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 31 May 2018 07:38
Last Modified: 31 May 2018 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30541

Actions (login required)

View Item
View Item